Tuesday, October 29, 2013

Nexus5 sudah bisa pre-registrasi diVendor Canada

New Android Flagship Phone is ‘Arrived’, Nexus5

Perangkat Google terbaru hadir, yak inilah Nexus5. Flagship Gadget dari Google ini sudah banyak dinantikan oleh banyak pecinta Gadget, apalagi yang bukan diharapkan dari Gadget ini selain “kemurnian” OS Androidnya tanpa embel-embel “bloatware” dari para Vendor yang seringkali membuat penuh memory dan mempengaruhi kinerja Gadget itu sendiri. Selain dari itu dukungan untuk software/hardware perangkat ini pun pasti akan sangat baik mengingat nama besar Google yang melatarinya. Terbukti dari generasi Nexus sebelumnya selalu memiliki minat yang membludak, baik dari segi pengguna maupun para pengembang aplikasi pihak ketiga. Hal ini dikarenakan jika ada update dari Google untuk versi Android mereka, maka varian Nexuslah yang akan mendapat prioritas untuk mendapatkannya.
Dilansir oleh berbagai pihak, inilah spesifikasi dan penampakan Nexus5 :
1.       8Mp OIS Camera with Sony IMX179 Sensor, dengan tagline terbarunya diNexus5 "Capture the everyday and the epic in fresh new ways." Sudah terlihat bahwa Google ingin menghapus kelemahan kamera yang ada pada seri Nexus sebelumnya. Memang tidak sehebat kamera bawaan Sony dengan MEMSnya, namun sudah cukup untuk menghasilkan dukungan untuk stabilisi gambar secara optikal yang mempertajam saat merekan video dan foto yang cukup baik walau dengan dukungan cahaya yang rendah.
2.       Desain yang sangat kompak dengan bezel yang makin kecil, dengan ukuran layar mendekat 5’”. Generasi Nexus kali ini menjadi Smartphone Nexus dengan layar terbesar, tentunya didukung resolusi yang sangat tajam 1080 x 1920 pixels dengan tombol on-screen seperti Nexus sebelumnya. Walaupun mengacu Smartphone dengan layar besar, bukan berarti sulit mengoperasikannya dengan satu tangan. Gambar berikut adalah salah satu foto hasil jepretan Nexus5 yang kedapatan diupload ke Goggle+ beberapa waktu yang lalu, dan sudah dihapus oleh pihak terkait. Jika dilihat pada metadatanya maka tertulis detail foto tersebut.


3.       Melihat jeroan mesinnya, sudah pasti Google tidak main-main menempatkan ‘dapur pacu’ yang mengotaki perangkat andalannya ini. Dengan menggunakan CPU termutakhir dari Snapdragon 800 bisa anda bayangkan kecepatan yang didapat pada clockspeed 2,3Ghz Quadcore dan 2Gb RAM, ditambah dengan piranti pemroses grafis Adreno 330 sudah pasti mampu bersaing dengan Smartphone handal sekarang ini seperti Xperia Z1 dan LG G2. Apalagi jika disandingkan dengan S4, tentunya type satu ini sudah ketinggalan jaman.
4.       Wireless Charging dan Baterai 2300mAh, sampai saat ini semua spesifikasi yang ditawarkan oleh Nexus5 mampu menyihir para peminat Gadget. Sayangnya ada satu area dimana kita tidak bisa banyak berharap, yaitu kapasitas baterai 2300mAh yang cukup sulit dikatakan cukup besar namun tidak ‘cukup’, dan hal ini hanya bisa dibuktikan dengan pemakaian nantinya. Sisi positif dari baterai diNexus5 ini adalah dukungan Wireless Charging dengan standard Qi, ini akan banyak bermanfaat karena tidak dibutuhkannya kabel untuk mencharge Gadget ini. Kelebihan dari dukungan standard Qi ini adalah kita bisa menggunakan charger dari berbagai merk lain.

Spesifikasi :
Display: 4,95-inch 1920x1080p Full HD display, 445 ppi
Dimensions: 137.84 mm x 69 mm x 8.59mm with 130g
Processor: 2.3GHz quad-core Qualcomm Snapdragon 800 (MSM8974)
GPU: Adreno 330
RAM: 2GB
Internal Storage: 16Gb/32Gb (there could be another model too)
Camera (rear): 8MP auto-focus camera with OIS
Camera (front): 1.3MP
Sensors: accelerometer, magnetometer, gyroscope, proximity, light, barometer, orientation
Battery: 2300mAh with support for wireless charging 

  Setelah banyak hal dibahas diatas tentunya sebagai pelengkap adalah “kepastian harga & tanggal release” dari perangkat ini. Well, seharusnya tepat pada 1 Nov 2013 ini semuanya akan terlaksana, karena sebuah Vendor Canada sudah membuka pre-registration untuk perangkat satu ini. Yang sebaiknya kita harapkan adalah Google akan menjaga harga Nexus5 ini tetap pada kisaran lini Nexus seperti sebelumnya dengan perkiraan U$350 tanpa kontrak, harga yang ditawarkan adalah untuk tipe dasar warna hitam dengan kapasitas 16Gb. Harga yang sangat kompetitif dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh perangkat ‘flagships’ lain seperti Iphone 5S saat pertama kali launch dan tepat seperti rumor yang beredar sebelumnya.
Sumber :
http://www.androidpolice.com/2013/10/28/

No comments:

Post a Comment