Tuesday, October 22, 2013

Seenak apakah Android Kitkat 4.4 ??


Hampir final, kira-kira kata inilah yang tepat untuk menggambarkan kedatangan System Android 4.4 terbaru KitKat, dimana banyak rumor sebelumnya menyebutnya dengan nama Key Lime Pie. Mungkin tulisan ini bisa dianggap terlambat atau tidak up to date, tapi yang kami harapkan dengan memaparkannya sekarang adalah kepastian info yang disampaikan lebih akurat karena sudah banyak bocoran-bocoran mengenai pemakaian System Operasi ini pada Gadget Google terbaru yaitu Nexus 5.

Berikut beberapa ‘rumor’ yang diharapkan hadir sebagai fitur baru dari KitKat yang sudah banyak beredar didunia maya :


1.      Profile Ganda :
Disini para pengguna bisa menggunakan profil yang berbeda untuk membatasi penggunaan dari user lain, contohnya anak-anak mereka. Dengan profil ganda ini kita bisa menjaga privasi sendiri tanpa melupakan kesenangan berbagi permainan dengan anak-anak kita. Area yang dicakup oleh profil ganda ini diharapkan mencakup daftar aplikasi yang ada dihomescreen, app drawer dan juga penjelajahan web serta media yang kita gunakan (audio/video).
2.    Upgrade “Android Device Manager” : 
Aplikasi yang sejatinya diharapkan bisa berfungsi layaknya aplikasi “Find My Phone” pada iOS ini sudah ada sejak versi Jellybean 4.1.2, 4.2.2 dan 4.3, pun fungsi seperti menghidupkan ringtone ataupun menghapus aplikasi yang ada pada perangkat yang hilang belum ada.
3.     Google Maps (Advanced) :
Aplikasi yang satu ini jelas kalah jika dibandingkan dengan Maps punya Nokia Lumia, karena disana pengguna dapat dengan bebas mendownload peta seluruh dunia pada aplikasinya, sedangkan diGoogle Maps untuk menggunakannya pun kita harus selalu online, walau ada fitur ‘save maps cache’ tapi cakupan arenya belum cukup besar dan itu hanya sementara.
4.    Aplikasi pengendali TV berbasis inframerah :
Fitur ini sudah mulai banyak dipakai pada Smartphone kelas atas, kedepannya tentu akan sangat bermanfaat karena sesuai dengan misi Google kedepan dengan layanan GoogleTV mereka.
5.    Aplikasi berbayar via NFC :
Dengan adanya fitur ini memungkinkan user melakukan pembayatan melalui jaringan NFC, jadi tidak harus menggunakan kartu kredit seperti yang ada sekarang ini.
6.  Upgrade Wireless Printing :
Perbaikan pada fitur ini akan sangat membantu para user Android dengan tingkat mobilitas tinggi dan kebutuhan akan kecepatan dan kemudahan proses printing.












7. Texting option :
Pada versi terbaru ini, kita akan bisa menentukan aplikasi texting dari pengembang pihak ketiga sebagai default langsung dari setting dalam OS. Hal ini dilakukan karena banyaknya pengembang yang membuat aplikasi texting untuk pengalaman berbeda dalam texting, namun mereka menggunakan APIs tersembunyi yang tidak disukai Google. Dikarenakan APIs tersembunyi tsb bisa berubah ataupun dihilangkan tanpa peringatan dan tidak bisa ditest untuk kompatibilitasnya dengan varian perangkat baru.

1.       Quick Office menjadi aplikasi bawaan :
Perihal tool pengolah dokumen pasti banyak pengguna Android yang mengenal Quickoffice, karena aplikasi satu ini  merupakan salah satu aplikasi pengolah dokumen favorit dijagad Android. Beruntung pihak Google sudah membeli perusahaan pembuat aplikasi ini, dan menjadikannya sebagai aplikasi bawaan system.


Kiranya kita semakin tidak sabar menunggu kapan Android Kitkat 4.4 akan rilis, banyak kabar yang beredar didunia maya bahwa Kitkat 4.4 akan hadir nanti pada tanggal 28 Oktober 2013. Jadi mari kita tunggu saja, toh penampakan Nexu5 juga sudah banyak muncul.











Dirangkum dari sumber-sumber berikut :

http://www.zdnet.com/android-kitkat-4-4


http://www.solopos.com/2013/10/06/

http://teknologi.news.viva.co.id/news/

No comments:

Post a Comment