Friday, July 26, 2013

Mengendalikan HP Android kita dari jarak jauh via SMS

Mengendalikan HP Android kita dari jarak jauh via SMS

Jika kita bisa mengendalikan perangkat mobile secara jarak jauh, kiranya itu akan menjadi nilai lebih tersendiri untuk kalangan pengguna Smartphones khususnya Android, terlebih saat kita secara tidak sengaja lupa meninggalkan atau mengalami pencurian dari perangkat kita, tentunya kita mempunyai harapan agar bisa mendapatkannya kembali. Well, keberuntungan selalu berpihak pada kita user Android karena ada banyak fitur program yang ditawarkan oleh teman kita para pengembang aplikasi di XDA-developers.com. Kali ini anggota forum tersebut “jkok” membuat aplikasi remote yang diberi nama “SMS Tasks” , program ini menawarkan banyak kelebihan dibandingkan aplikasi sejenis, dan hebatnya semua bisa dilakukan hanya dengan perintah melalui sms.
Pada forum XDA-developers.com  kita banyak mendapatkan aplikasi hack yang unik dan kadang nyeleneh, dan pengembang “jkok” ini memberikan sebuah aplikasi yang cukup baik. Secara garis besar aplikasi “SMS Tasks” ini merupakan alat yang selalu terjaga untuk mendengarkan perintah yang masuk melaluli pesan singkat (read. SMS). Ketika ada pesan masuk dengan perintah dan suffix “@password” (dengan password yang sudah kita atur untuk menghadapi kejadian yang tidak diharapkan), dan “SMS Tasks” akan segera melakukan perintah yang ada.



Jika bisa dikatakan kelemahan dari aplikasi ini, walaupun sebenarnya bukan suatu kelemahan, adalah bahwa aplikasi ini hanya bisa dijalankan jika perangkat kita sudah diroot.
Kenyataannya jika kita merupakan penggila Android yang berpengalaman, sudah pasti perangkat yang dimiliki akan segera diroot hanya sedikit waktu berselang dari saat kita membelinya. Kemungkinan terburuknya adalah kita memiliki minimal satu perangkat cadangan yang memang sudah disiapkan untuk menjadi kelinci percobaan. Karena hanya dengan akses root maka semua perintah seperti : mematikan perangkat, mematikan ulang (masuk ke recovery), menuliskan perintah ATE, menghapus aplikasi dan melewati kunci pengaman layar.

Tentunya, kita sebagai pengguna Smartphones harus memastikan password yang ada benar-benar aman dan tidak ada seorangpun yang tahu ataupun menebaknya, karena itu akan berdampak sangat buruk terhadap perangkat kita. Bayangkan saja jika banyak orang yang bisa mengakses aplikasi ini dari manapun karena password yang digunakan sangat mudah ditebak. Dan juga jika kita tidak menginginkan aplikasi yang terlalu rumit untuk hal semacam ini, mungkin aplikasi “Remote Turn Off” bisa menjadi pilihan lain untuk sekedar mematikan perangkat kita via SMS, fitur ini memang tidak terlalu heboh, tapi tentunya cukup berarti. Jika kita ingin sesuatu yang “lebih” atau katakanlah canggih, kiranya “SMS Tasks” layak untuk dicoba.

Sebagai pengguna Android yang budiman, sebaiknya jika ingin mencoba aplikasi ini kita bisa langsung mengunduhnya di http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2354884 , karena disana akan diberikan semua detail panduan untuk menjalankan aplikasi ini.

sumber : xda-developers.com

No comments:

Post a Comment