Friday, January 3, 2014

SUDAH PAKAI HANGOUTS BELUM?? SATU LAGI FITUR PADA KITKAT 4.4

Kenapa Hangout layak menjadi aplikasi SMS utama

Cara kita berkomunikasi dengan ponsel kita telah pasti berubah dalam banyak hal selama satu dekade terakhir atau lebih. Perangkat yang dimulai hanya sebagai telepon nirkabel percakapan dalam bentuk suara segera berubah menjadi perangkat baik untuk panggilan suara dan pesan teks . Saat ini, bahkan banyak orang tidak menggunakan ponsel mereka , atau smartphone mereka sebagaimana tujuan awalnya diciptakan , untuk panggilan suara, karena sekarang ini orang lebih nyaman dengan “texting”. Hal ini sangat bisa dimengerti , setidaknya dari perspektif pribadi . Memang dengan menelefon rasanya akan sangat berbeda, karena kita mendengar suara seseorang secara langsung , namun sulit juga untuk menyangkal bahwa SMS memberi kita kesempatan untuk menunda pembicaraan. Dimana kita bisa membagi fokus untuk melakukan pekerjaan lain (multitasking), jelas hal ini  jauh lebih mudah dilakukan daripada sambil memegang telepon ditelinga . Panggilan telf memerlukan reaksi langsung, tapi pesan teks tidak, jelas kedua jenis komunikasi yang sangat berbeda dan kita semua pasti sudah tahu hal ini .
Sekarang ini tahun 2013, SMS masih menjadi salah satu metode komunikasi yang paling popular bersamaan dengan era smartphone, pun sangat tidak mengherankan jika pengembang akan mengambil kesempatan ini untuk membuat aplikasi berdasarkan SMS yang terintegrasi dan membuatnya lebih rumit . SMS terintegrasi hanyalah sebuah aplikasi seperti SMS bawaan smartphones sekarang ini. Proses mengirim gambar dan pesan ke nomor telepon, penerimaan gambar dan pesan dari nomor telepon . Begitulah cara SMS bekerja pada tingkat paling dasar . Tapi sekarang ini adalah era smartphone, dan smartphones memiliki kemampuan untuk menjadi lebih jauh dari sekedar mesin SMS karena mesin telepon biasa pun bisa melakukannya . Dengan smartphone kita bisa menambahkan emoticon, mengatur suasana hati, dan hal inilah yang menjadi alasan munculnya beberapa platform messaging. Bahkan dapat melakukan video chat dengan beberapa aplikasi SMS yang ada. Aplikasi seperti WhatsApp , Skype , Handcent dan Go SMS Pro adalah alternatif aplikasi pesan teks populer yang menambah banyak fitur untuk sebuah percakapan.
Dari semua aplikasi itu, dalam hal pemakaian tidak satupun yang cukup baik, fitur-fitur dalam aplikasi itu terlalu banyak dan semakin memperberat kinerja device kita dan tidak lagi sesuai tujuan awal dari aplikasi tersebut. Contoh sebuah aplikasi chat bernama LI** yang dijejali berbagai macam fitur bahkan social games, sungguh sangat keluar jalur. Pun hal itu bisa menjadi “marketing gimmick” yang notabene tidak lain daripada kebijakan developer/perusahaan demi meraup keuntungan lebih dari berbagai fitur/iklan yang dijejalkan. Memang beberapa hal dalam smartphone penuh dengan kerumitan,yang memang sudah seharusnya seperti itu, tapi pesan teks/sms tidak sepantasnya dibuat serumit itu. Ketika ada kabar bahwa Google akan mengintegrasikan SMS ke Hangouts di Android , ini merupakan kabar yang sangat bagus karena bisa memberikan pilihan buat para penggunanya , satu hal yang lambat laun akan terjadi adalah nantinya semua orang akan memakai “Hangouts” ini sebagai aplikasi utama untuk berteks ria.

Semua aplikasi teks itu sepertinya terlalu rame, padahal sekedar untuk sms saja sepertinya rumit sekali. Mungkin bisa saja dibilang ketinggalan jaman jika masih berharap aplikasi sms sesederhana itu, kenapa tidak beli fitur phone saja kalo memnag itu yang dimau. Pemahaman yang paling mudah jika kita melihat aplikasi sms pada iOS, sangat ringan dan lembut, tapi tidak melupakan tujuan utama dari aplikasi tersebut. Hebatnya Apple bisa menambahkan animasi yang halus di mana-mana, yang memang sangat tepat digunakan khususnya untuk transisi setiap aplikasi. Memang kita sekarang membahas Android, dan justru karena itulah kenapa sekarang kita membahas “Hangouts” karena aplikasi teks yang satu ini mampu memberikan pengalaman yang sama. Hangouts sangat fleksibel, itulah yang banyak orang cari. Kita dapat menikmatinya sebagai aplikasi sms dasar yg simple tapi menyenangkan dan penuh gairah untuk digunakan.
Fitur pada Hangouts :
1.    Menyembunyikan sms setiap individu .
2.    Dapat mengarsipkan percakapan dengan menggeser ke kiri atau kanan.
Fitur yang sangat sederhana bukan, tidak berlebihan namun fungsional, tidak banyak kerumitan seperti aplikasi teks yang lainnya. Jika berbicara sesama Android, HTC bisa dijadikan contoh. Aplikasi sms bawaannya memiliki kelebihan dibandingan dengan yang lain, thema yang ditawarkan pun menarik, termasuk dalam pengaturan mereka, simple & atraktif. Penggunaanya sangat nyaman, tidak merepotkan bahkan dalam hal update aplikasipun tidak bertele-tele. Hanya sekali memilih, update berjalan dan sms sebelumnya terimport sendirinya tanpa banyak embel-embel yang lain. Jadi kapan aplikasi ini akan segera popular, kita tunggu saja??
Hangouts dengan seseorang yang menggunakan aplikasi chat lain
Jika orang yang Anda ajak untuk memulai Hangout menggunakan Chat di Gmail, Google Talk, atau klien pihak ketiga, ia tidak akan memiliki akses ke semua fitur Hangouts.
Tabel di bawah ini menunjukkan apa saja yang dapat dan tidak dapat dilakukan orang yang tidak menggunakan Hangouts saat mengirimi Anda pesan.
Tindakan
Kemampuan untuk melakukan tindakan
Mengirim pesan kepada Anda
Y
Menerima pesan dari Anda
Y
Mengirim foto kepada Anda
X
Menerima foto dari Anda
Y
Memulai atau bergabung dengan Hangout grup
X
Memulai atau bergabung dengan video call (pengguna Gmail dapat memulai/bergabung dengan video call untuk dua orang)
X
Melihat semua emoji yang Anda kirim dari Hangouts 
X
Sumber :


3 comments:

  1. kunbal gan.. http://vuutt.blogspot.com/2015/10/google-hangouts-50-terbaru-memiliki.html

    ReplyDelete
  2. kunbal gan.. http://vuutt.blogspot.com/2015/10/google-hangouts-50-terbaru-memiliki.html

    ReplyDelete