Tuesday, July 30, 2013

Solusi Install driver secara manual jika Odin ataupun USB Tethering/USB Storage connection perangkat Android tidak terdetek.

Barangkali para pengguna perangkat Android banyak yang mengalami driver failed (Windows driver tidak mengenali perangkat kita) saat mau menggunakan Odin ataupun USB function padahal kita sudah menginstall driver dengan benar bahkan membuang driver yg lama dan memperbaruinya dengan yang baru. Nah setelah membaca panduan dari xda-developers.com ada sebuah solusi mudah tanpa harus menginstall ulang driver yang sudah ada. Pada contoh ini perangkat yg digunakan adalah Samsung GT-I8150 Galaxy wonder, namun saya yakin untuk perangkat lain bisa menggunakan cara yg sama, karena prinsip kerjanya tidak berbeda.
Bahan-bahan yang diperlukan :
1.       Universal Extractor : http://adf.ly/T6a7f
Program ini fungsinya sama dengan Winrar dan program extractor lainnya, namun mempunya kelebihan karena sanggup pula untuk mengextract file dengan extensi .exe dll, berikut table extensi file yang bisa diextract oleh program ini.



2.       Driver Samsung terbaru : http://adf.ly/T6clm
Berikut tutorialnya :
1.       Install program Universal Extractor diatas
2.       Install driver Samsung, jika perlu update maka driver Samsung diatas bisa jadi rujukan (dengan versi terbaru 1.5.27)
3.       Extract driver Samsung yg anda install dengan program Universal Extractor, contoh tampilan programnya sbb :

Gb file hasil extraksi driver Samsung dengan "Universal Extractor"




4.       Jalankan “Odin flashtool” sesuai dengan versi perangkat Anda, dalam hal ini saya menggunakan GT-I8150 Galaxy Wonder. Hubungkan perangkat Samsung anda ke USB port pada PC/Laptop yang ada, pada banyak kasus yg terdeteksi hanya “Samsung Android Interface” dan Odin tidak bisa mendetek type perangkat anda.
5.       Buka Start Menu pada Windows, pilih My Computer klik kanan Properties/Device Manager. Perhatikan pada Ports (COM&LPT) dan expand, jika HH anda tidak terdetek maka yang perlu dilakukan adalah klik kanan pada “Samsung Android Interface” /Update driver software/Browse my computer for driver softwareà arahkan ke folder hasil extraksi dan beri pilihan/centang pada “include subfolders” lalu pilih Next.
Seketika itu juga Windows akan melakukan updates perangkat Anda dan nama Samsung Android Interface akan berubah nama sesuai driver perangkat Anda. Hasilnya, Odin pun mengenali perangkat yang terhubung dengan PC/Laptop Anda, selamat………………..

6.       Cara yg sama bisa juga dilakukan untuk mengupdates ketika perangkat dihubungkan sebagai USB Storage, tinggal mengubah jenis hubungan yang kita inginkan pada perangkat kita dan updates secara manual drivernya dengan mengikuti langkah2 dari 4-5 diatas. Perbedaannya hanya pada “Device Manager’ yang perlu kita updates ada pada path “Diskdrive”. Namun biasanya driver ini secara otomatis ikut terinstall ketika kita updates secara manual untuk keperluan flash dengan Odin.

sumber : xda-developers.com

s

27 comments:

  1. gan.. makasi penjelasanya
    tp masalhnya hasil ekstrak nya kok ga ada pdhl udh ikutin cara2 nya..
    mhon jwbnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk samsung usb driver terbaru akan kami upload kembali jadi mohon tunggu ya

      Delete
    2. yup.. ga ad hasil ekstrak.. -_-

      Delete
  2. kang punya saya driver udah ke baca .. semua udah ke baca .. tapi aneh odin nya ga ke baca .. pake odin yang lain ke baca .. hape ane samsung galaxy ace

    ReplyDelete
  3. gan "Samsung Android Interface" itu apa sih ? saya sudah ngikutin langkah dari awal, pas sampe "Samsung Android Interface" saya bingung. Mohon pengarahannya gan ?

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  4. gan odin nya gk bisa diinstal di komputer saya mohon bantuannya

    ReplyDelete
  5. maaf saya cuekin...pusiiing buang ja hp nya

    ReplyDelete
  6. Hello, kalau udah dsambung hp kpda pc nya nggak ada bunyii, sama jgak kh problem nya tuhh?

    ReplyDelete
  7. thanks gan infonya bermanfaat, hh ane yg bootlop hidup lagi

    ReplyDelete
  8. Punyaku galaxy pocket ttp ga kedetec om

    ReplyDelete
  9. Trimakasih gan,udh bisa galpoc ane idup lg horeeee dpt duit gkgk

    ReplyDelete
  10. bos mau tanya??
    driver sudah terinstal.
    tapi kedeteknta unknown device..
    apa masalah dan solusinya ya bos???
    terima kasih

    ReplyDelete
  11. ahahahaha...ribet amat ya...sy juga pusing

    ReplyDelete
  12. makasih gan pencerahannya,masalah USB ga keditek odin sudah teratasi.samsung SM-J110G aku sudah keditek odin.makasih banyak infonya.hehe.....

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Makasih gan tutor nya akhirnya samsung ane detect jg m pc jadulku

    ReplyDelete
  15. Dicoba besok gan...muter2 didunia maya udh coba ini itu...blm ada yg berhasil...mau coba tutornya agan...ijin sedot yah gan...nuhun

    ReplyDelete
  16. jika hp sudah terdeteksi di kompi tapi tidak muncul di odin, permasalahannya ada di driver usb yang tidak update.

    silakaan update secara online, punya ane berhasil. terima kasih

    samsung terdeteksi sebagai SAMSUNG MOBILE CDC Composite device

    ReplyDelete
  17. Maaf Gan,,masalah saya adalah kedetect sebagai unknown device,solusinya gmn? Sudah reinstall usb driver KIES hasil tetap sama.
    Mohon pencerahan

    ReplyDelete
  18. gan, mau nanya,saya juga pake galaxy wonder, saya mau instal recovery clockwork di hp gan, tapi pas saya udah pencet tiga jari dan masuk di mode download, trus saya colok di komputer, tdk bisa terbaca hp saya, yang ada tulisannya usb driver not recognize, itu bagaimana min, padahal saya udah coba ganti2 kabel data, masih sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya satu kata:"sama"
      Mo nyoba cara diatas ajalah
      Samsung Nya Sama Padahal Samsung W,

      Delete