Tuesday, February 26, 2013

Kenapa Android boros baterai


Kalau ada sebuah survey yang menanyakan keluhan utama dari sebuah sistem operasi Android, saya yakin sebagian besar akan menjawab borosnya baterai handphone Android (atau tablet Android). Namun, benarkah demikian? Berikut adalah penjelasannya:

Kenapa Android boros baterai?

Sistem operasi Android sebenarnya tidaklah boros baterai, namun hal-hal berikut yang menyebabkan tablet atau handphone Android “terkesan” boros baterai:

Penyebab Handphone Android Boros Baterai #1:

Salah satu keunggulan handphone Android adalah selalu “online”. Anda akan mendapatkan notifikasi pesan, data atau informasi baru dari setiap aplikasi yang terinstall di tablet/ hp Android secara instan. Artinya ponsel Android selalu terkoneksi  dan melakukan sinkronisasi ke jaringan internet atau server dari masing-masing aplikasi. Hal inilah yang paling membuat ponsel Android boros baterai.

Kondisi sinyal jaringan telepon yang tidak menentu di Indonesia semakin memperparah daya tahan baterai Android. Kalau sinyal lemah, handphone akan membutuhkan daya ekstra untuk mempertahankan sinyal tersebut. Selain itu sinyal yang buruk akan membuat koneksi data menjadi lambat sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengakses internet, melakukan sinkronisasi, dll.

Penyebab Handphone Android Boros Baterai #2:

Spesifikasi yang diusung oleh handphone Android di kisaran harga yang sama, pada umumnya lebih tinggi dibanding handphone yang tidak menggunakan sistem operasi maupun dengan handphone yang menggunakan sistem operasi lainnya. Dengan demikian, wajar kalau baterai bekerja ekstra untuk “menghidupi” hardware Android yang tergolong canggih, misalnya untuk menjalankan processor berkecepatan tinggi atau memberi tenaga untuk menyalakan layar sentuh yang lebar, dll.

Penyebab Handphone Android Boros Baterai #3:

Aplikasi yang terinstall pada handphone Android juga dapat menyebabkan baterai menjadi boros, misalnya aplikasi-aplikasi yang dikembangkan kurang baik (bad code). Oleh karena itu, jika Anda menginstall sebuah aplikasi dan aplikasi tersebut sering hang dan memunculkan notifikasi force close, sebaiknya segerauninstall aplikasi tersebut.

Aplikasi yang berjalan di background namun masih banyak menggunakan CPU (processor) juga pasti akan membuat baterai boros. Untuk mengetahui aplikasi yang berjalan di background namun menghabiskan baterai dapat menggunakan aplikasi bernama “Watchdog Task Manager”
Selain itu aplikasi-aplikasi, yang menampilkan animasi, misalnya launcher (theme) atau live wallpaper juga akan membuat baterai menjadi sedikit lebih boros karena CPU dibuat bekerja untuk menampilkan animasi tersebut.

Penyebab Handphone Android Boros Baterai #4:

Terlalu sering menggunakan Task Killer. Tahukah Anda bahwa terlalu sering menggunakan task killer juga bisa menyebabkan baterai boros?Pembahasan tentang Task Killer akan saya jelaskan di postingan artikel berikutnya.
Penyebab Handphone Android Boros Baterai #5:

Perilaku pengguna handphone Android juga merupakan salah satu faktor penyumbang terbesar borosnya baterai Android. Banyak laporan yang saya terima bahwa pengguna handphone Android pertama kalinya menjadi seperti orang “autis”  Dalam artian dari pagi sampai malam kerjanya hanya main handphone atau tablet Android. Akibatnya? Baterai Android habis dalam sekejap karena digunakan secara terus menerus.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host