Friday, June 28, 2013

Cara paling mudah untuk men-root AndroMax-i a.k Hisense HS-EG909/AD683G.

Berhubung kemarin ada teman minta tolong untuk menroot AndroMax-i dan coba google kesana-sini akhirnya kita berhasil menemukan cara mudah untuk root dan install CustomROM diHH ini. Kenapa dibilang mudah, karena kita tidak memerlukan PC/Laptop untuk melakukannya. Cukup download beberapa file yang diperlukan dan ikutin langkah yang ditulis, selesai. Dijamin ga akan pusing2 seperti yang kita alamin karena file root dr blog AndroMax-i tidak bisa didownload atau tutorial yang tidak lengkap (karena seringkali TS hanya mencopy paste dan tidak pernah mencobanya sendiri).

Prinsipnya pada AndroMax-i ini adalah kita harus install CWM Recovery dulu baru bisa men-root/install CustomROM....sedikit berbeda dengan HH lain dimana biasanya harus root dolo baru install CWM. Berikut tutorial yang mudah dan tepat hasil ujicoba sendiri :D

Bahan yang diperlukan adalah (bisa donlod via PC maupun langsung dari HH) :
1. CWM-6.0.2.3.zip https://www.dropbox.com/s/rc6t1uszmm0d0ic/CWM-6.0.2.3.zip
2. CWM-6.0.2.3-temp.zip https://www.dropbox.com/s/gx12y4udoi8zqhi/CWM-6.0.2.3-temp.zip
3. CWM-6.0.2.3-touch.zip https://www.dropbox.com/s/0x0dx5swlth8qit/CWM-6.0.2.3-touch.zip
4. Stock-Recovery.zip https://www.dropbox.com/s/qho0jb370x30t12/Stock-Recovery.zip

TOLONG diperhatikan kalau bahan diatas ada 3 type CWM Recovery, ada yg standard, kemudian CWM model touchscreen (tidak disarankan karena kurang nyaman dipakai dan resiko salah sentuh perintah--->>>error), dan CWM Recovery temporary/sementara.

Langkah-langkahnya :
1. Copy kedua file yang dibutuhkan CWM-6.0.2.3.zip atau CWM-6.0.2.3-touch.zip (tergantung pilihan)  dan CWM-6.0.2.3-temp.zip
2. Matikan Smartfrend Andromax-I, kemudian nyalakan dengan cara tekan (Power+Volume Bawah) untuk masuk ke mode Stock Recovery. Kemudian tunggu sampai gambar Android keluar dan tekan tombol Home untuk menu.
3. Masih dalam Stock Recovery, pilih "apply update from external storage" pada option menu, install CWM-6.0.2.3-temp.zip.
   Pada kondisi ini HH berada dalam kondisi sementara CWM (artinya CWM belum terinstall sepenuhnya), layar akan sering berkedip setiap kali kita pencet tombol. Tombol yang bisa kita gunakan adalah Volume up+down" untuk naik turun, "home" untuk menu dan "search" untuk memilih.
4. Pilih menu "Install zip from ext sdcard" pilih file CWM-6.0.2.3.zip, tunggu prosesnya sampai selesai.
5. Untuk memastikan sudah terinstall, masuk ke menu "Advanced/Reboot into recovery mode", dan Smartfrend Andromax-I akan reboot kembali ke recovery mode. Kali ini akan masuk ke "permanent CWM Recovery Mode" dengan ciri2 layar stabil tidak berkedil seperti sebelumnya. Dari sini sudah bisa dilakukan tahap selanjutnya, yaitu root HH ataupun install CustomROM.

---------------------------------------------------------------------------------

Cara Root-Unroot VIA CWM recovery
1. copy file CWM-SuperSU-v0.98.zip dari file yg didownload tadi ke memory HP
2. masuk ke CWM (matikan HP dan nyalakan kembali dengan kombinasi volume DOWN & power ON)
3. Dalam CWM masuk mounts and storage, pilih "mount system". Lalu kembali ke menu utama, pilih "update from zip file" lalu arahkan ke file CWM-SuperSU-v0.98.zip
4. jika sudah selesai reboot
5. done
Silahkan cek pada app drawer HH, jika ada app "superuser" itu artinya sudah berhasil diroot. Jika belum artinya gagal dan coba diroot ulang saja.

TS tidak bertanggung jawab jika ada kerusakan pada HH anda setelah melakukan root ataupun install Custom ROM, perhatikan semua langkah dengan seksama. Karena seringkali yang gagal itu tidak teliti dan menganggap enteng hal seperti ini.

2 comments:

  1. Replies
    1. dalam setiap modifikasi android itu ada resiko jadi ya berhati hati aja

      Delete