Friday, March 22, 2013

Mengenal Clokworkmod Recovery


CWM Recovery adalah salah satu custom Recovery yang seringkali digunakan oleh kita para pengguna Android untuk menggantikan stock recovery, adapun CWM Recovery ini biasa digunakan untuk menginstall Custom ROM maupun berbagai mod lainnya (dalam format .zip/tar), namun ada baiknya jika kita sedikit mengenal lebih banyak tentang fitur dan kelebihan CWM Recovery dibandingkan dengan stock recovery.

Fitur yang diberikan oleh CWM Recovery pada proses boot, antara lain.

1. Backup dan Restore "Nandroid Backup" :
 Proses penyimpanan system, konfigurasi, aplikasi dan data dari software/ROM secara keseluruhan  (backup) yang kita pergunakan sekarang agar bisa digunakan untuk pengembalian system (restore) jika software/ROM yang kita pakai mengalamin kerusakan. Sehingga kita tidak perlu lagi menginstall ulang software/ROM dari awal berserta aplikasinya.

2. Wipe Data/Factory Reset :
Ini adalah sebuah proses pembersihan aplikasi pengguna dan juga partisi sdcard-ext jika ada dari system kita, dengan kata lain mengembalikan kondisi software/ROM pada kondisi awal "state 0", dimana aplikasi yang ada masih sepenuhnya bawaan software/ROM yang ada tanpa tambahan lainnya dari pengguna. Folder/file yang dihapus pada proses ini adalah /data.

3. Wipe Cache Partition :
Dilakukan untuk membersihkan semua data yang terakumulasi karena penggunaan yang berlebihan, biasa digunakan ketika mau menginstall ROM baru, kernel, app atau berbagai macam MOD.

4. Advanced Restore :
Proses pengembalian system Android secara spesifik, maksudnya bukan secara keseluruhan. Tapi kita bisa memilih apa yang akan dikembalikan antara  lain "boot, system, data, cache dan sd-ext"

5. Free Unused backup data : Menghapus data-data backup yang tidak diperlukan lagi.

6. choose default backup format : Kita bisa memilih format file yang digunakan dalam file backup, standard CWM adalah .tar, dan ini yang disarankan. Tipe lainnya adalah .dup.

7. mounts and storage : fitur ini memungkinkan kita untuk melakukan "tugas perawatan" pada memory internal/external
     a. mount/unmount /system, /data, /cache, /sdcard or /sd-ext :
        disini kita bisa mount/unmount beberapa partisi, sangat jarang diperlukan kecuali untuk beberapa mod/tweak diharuskan untuk mount system dan data terlebih dahulu baru kemudian install file .zipnya.
    b. format boot, system, data, cache, sdcard or sd-ext dengan adanya fitur ini kita bisa secara langsung menghapus semua partisi yang ada didalamnya, hati-hati menggunakannya karena dengan menformatnya maka semua data akan hilang. Memformat partisi "system" akan menghapus ROM yang aktif sekarang ini (biasa dilakukan saat akan menginstall ROM baru , format boot bisa membuat HH kita brick jika setelahnya kita tidak flash/restore ROM lagi.
    c. mount USB storage : dengan fitur ini kita bisa mengakses usb storage HH dari PC kita tanpa harus meninggalkan recovery mode.

8. advanced mode : beberapa fitur tambahan yang jarang sekali digunakan, kecuali "wipe dalvick cache" dan "fix permissions".
  a. reboot recovery : mereboot HH kita dan langsung masuk ke recovery mode lagi, ini sangat berguna jika kita sedang menginstall banyak file dan memerlukan boot untuk masing2 instalasi.
  b. wipe dalvick cache : memungkinkan kita untuk menghapus file pada "Dalvick", sebuah mesin custom Java virtual khusus Android. Hal ini diperlukan sebelum menginstall ROM baru dan juga bisa digunakan untuk memperbaiki beberapa masalah ketidakstabiln pada ROM.
  c. wipe battery stats : menghapus statistik penggunaan baterai sekaligus mengkalibrasi baterai, sangat membantu jika system melakukan kesalahan informasi level penggunaan baterai. Tapi untuk beberapa versi CWM fitur ini tidak tersedia, dengan alasan pada Android jika baterai dicharge sampai 100% secara otomatis system akan mereset statistiknya.
  d. report error : Fitur ini bisa digunakan untuk menyimpan catatan penggunaan CWM kesdcard, nantinya kita bisa laporkan lewat ROM Manager.
  e. key test : Fitur yang memungkinkan kita untuk men-test semua fungsi tombol apakah bisa berjalan dengan baik.
  f. show log : menampilkan semua catatan penggunaan CWM yang terakhir.
  g. fix permissions : memperbaikin aturan "permissions" pada memory internal ke pengaturan awalnya. Ini sangat berguna ketika HH mengalami error aplikasi dan "Force-Closes" yang seringkali muncul setelah menginstall aplikasi yang memerlukan akses "root" dan merubah "permissions" dari beberapa file penting.
  h. partition sdcard : Fitur ini digunakan untuk mempartisi sdcard untuk digunakan pada ROM yang mendukung "data2ext" (suatu trik untuk membantu kekurangan internal memory dengan mengaktifkan /sd-ext partition pada sdcard sebagai internal memory, dengan kata lain sebagai /data partition). Didalamnya kita bisa memilih besar kapasitas yang akan digunakan sebagai /sd-ext partition ataupun sebagai swap partition pada sdcard. Secara otomatis sdcard akan diformat untuk membagi sesuai kapasitas yang akan digunakan dan secara keseluruhan, jadi hati-hatilah menggunakan fitur ini, backup data penting sebelum melakukannya.

Sekian sedikit tambahan pengetahuan mengenai CWM Recovery, semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. mau tanya sob tentang " a. mount/unmount /system, /data, /cache, /sdcard or /sd-ext :
    disini kita bisa mount/unmount beberapa partisi, sangat jarang diperlukan kecuali untuk beberapa mod/tweak diharuskan untuk mount system dan data terlebih dahulu baru kemudian install file .zipnya.

    kalau kita Unmount semua gie mana?apa mesti mount aja

    ReplyDelete